REVIEW NOVEL PULANG



Pulang; Filosofi Pulang dalam Hati Terdalam


Judul buku         : Pulang
Penulis               : Tere Liye
Editor                : Triana Rahmawati
Penerbit             : Republika Penerbit
Cetakan             : Cetakan XXXIV, Agustus 2019
Tebal                  : iv + 400 halaman
Ukuran               : 13,5 × 20,5 cm
ISBN                 : 978-602-0822-12-9
Harga                 : Rp. 75.000,-

Novel yang berjudul Pulang ini merupakan mahakarya seorang penulis yang telah membukukan banyak sekali imajinasinya yang bernama Tere Liye. Dia adalah sosok yang begitu dikenal masyarakat sebab kepiawaiannya dalam memainkan sebuah cerita menjadi suatu jalan kehidupan yang memberikan banyak pesan moral. Sebagian karyanya masuk dalam kategori best seller dan hal tersebut sudah tak asing lagi di masyarakat.

Tokoh utama dalam novel ini, Bujang namanya. Dia adalah anak dari seorang tukang pukul hebat di keluarga Tong. Namun, nasib membawanya dilahirkan di rimba Sumatra. Dia jauh dari peradaban. Saat usia remaja, dia dijemput oleh Tauke Besar untuk dididik menjadi seseorang yang akan membawa nama besar keluarga Tong nantinya.

Perjalanan kehidupan yang tak mudah dilaluinya. Melalui kehilangan satu persatu teman dan sahabat dekat oleh peperangan antarkeluarga shadow economy maupun konflik lainnya. Titik terendah bahkan hampir menyurutkan semangat Bujang untuk mempertahankan apa yang selama ini telah diperjuangkannya. Akankah Bujang menemukan sejatinya jawaban atas pertanyaan yang selama ini berkecamuk di dadanya tentang pulang?

Ditilik dari kovernya, kita dapat melihat ilustrasi yang begitu sesuai dengan judul novel ini. Penggambaran adegan dari satu kejadian ke kejadian lain terlukis indah menjadi sebuah rentetan alur yang membuat penasaran di setiap detaknya. Dari isi ceritanya, novel ini menyajikan pesan moral yang cukup kuat dengan menyelipkan unsur ilmiahnya. Penulis memang begitu mahir dalam menggabungkan antara fiksi dengan ilmu pengetahuan. Bahkan dengan ketebalan yang dimiliki novel ini, sama sekali tidak membuat bosan pembacanya karena memang ceritanya sangat mengasyikkan.

Memang terdapat setitik kekurangan yang ada dalam novel ini. Bahasa yang digunakan mungkin dapat dipahami oleh kalangan remaja sampai dewasa. Namun bagi kalangan anak-anak, novel ini masih cukup menjadi kesulitan bagi mereka. Selain itu, terdapat pula banyak adegan kekerasan dan pembunuhan yang diceritakan di dalam novel ini.

Tidak ada yang sempurna di bentang cakrawala ini. Termasuk juga novel Pulang yang telah dikemas dengan sedemikian baik ini. Mengingat seluruh kelebihan yang ada, setitik kekurangan tak akan mampu menghilangkan karismanya sebagai sebuah novel yang sarat akan makna. Yuk baca kisah Bujang yang penuh tantangan. Niscaya kita akan memetik sebuah pelajaran mengenai hakikat pulang yang telah terjawab oleh serentetan kejadian demi kejadian yang menggelora dalam pertarungan hati maupun jasmani.





Pereview
Dyra Saras, gadis belia yang masih duduk di Sekolah Menengah Pertama. Hobinya membaca, menulis, dan mendengarkan musik. Salam Mimpi!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW NOVEL GUSTIRA

REVIEW NOVEL BUKAN DYLAN

REVIEW NOVEL TINKERBELL