REVIEW BUKU KADO KATA


Kado Kata; Menyemai Rasa dalam Realita


Judul buku      : Kado Kata
Penulis             : Supriyadi Bro
Penerbit           : Temalitera
Kategori          : Puisi
Cetakan           : Cetakan Kedua, Februari 2018
Tebal               : xii + 64 halaman
Ukuran            : 14 × 20 cm
ISBN               : 978-602-51337-4-9
           
Kado Kata merupakan sehimpun puisi yang ditulis oleh penyair asal Mojokerto, Supriyadi Bro. Beliau telah berkecimpung di dunia kepenulisan sejak lama sehingga kualitas karya-karyanya sudah tak diragukan lagi. Supriyadi Bro juga memiliki banyak prestasi di bidang kepenulisan. Melalui puisinya, beliau mampu memikat hati para pembacanya dengan keanggunan kata-kata yang dirangkaian menjadi suatu jalinan yang memesona.

49 puisi lahir dari rahim penyairnya. Berisi tentang kumpulan rasa cinta, rindu yang menggebu, kesetiaan, kesendirian, gelora hati, dan perasaan lain yang tak bisa diungkapkan lagi. Semua harapan dan kisah penyairnya dikemukakan dalam setiap judul puisi yang tercipta. Ungkapan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa turut serta meramaikan puisi yang menggugah hati ini. Perasaan terdalam untuk ibu, bapak, sahabat, serta alam menjadi pelengkap keseluruhan puisi.

Untuk waktu-waktu yang dirasa memiliki keelokan, penyair memberikan gambaran yang begitu menyayat hati dengan filosofi yang sebenarnya. Seperti contoh malam hari, diceritakan sebagai malam yang penuh harap kepada-Nya. Ada pula kisah hujan di sore hari yang digambarkan dengan penuh warna keceriaan serta untaian kata yang selalu bisa memikat para pembacanya. Tak ketinggalan kisah senja yang selalu dapat membuat pembaca merasakan kelembutannya ikut diceritakan dengan khidmat dan menyentuh kalbu.

Bahasa yang digunakan dalam kumpulan puisi ini begitu menarik dengan ketepatan diksi dan rima yang memenuhi kaidah kebahasaan. Meskipun tema yang diangkat sering dijumpai dalam kehidupan kita sehari-hari, tetapi penyair memberikan nuansa yang baru dan segar. Banyak juga pesan moral yang dapat dipetik dari keseluruhan isi puisi ini. Penyair begitu lihai mengekspresikan sesuatu hal yang sarat akan makna. Setiap bait dalam puisinya mampu menggugah perasaan pembaca untuk menyelami dunia yang sedang dirangkai.

Tidak ada yang sempurna di dunia ini termasuk pula sehimpun puisi ini. Penataan bab yang dirasa kurang sesuai dengan menyampuradukkan antara tema cinta, sahabat, dan agama. Sebaiknya setiap tema dikhususkan agar memperoleh suatu kesatuan yang utuh. Terdapat juga sedikit kesalahan dalam ejaan. Namun, terlebih dari itu semua yang telah terangkai adalah sehimpun puisi yang begitu memukau.

Di balik secuil kekurangan yang tertera, kita sebagai pembaca masih disuguhkan dengan begitu banyak kelebihan yang disampaikan oleh sang penyair. Tentang bagaimana menanam rasa itu dengan baik sehingga kita mampu melewati serangkaian kehidupan dengan berpedoman pada keteguhan hati dan ketegaran jiwa.




Pereview
Dyra Saras, gadis belia yang masih duduk di Sekolah Menengah Pertama. Hobinya membaca, menulis, dan mendengarkan musik. Salam Mimpi!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW NOVEL GUSTIRA

REVIEW NOVEL BUKAN DYLAN

REVIEW NOVEL TINKERBELL