REVIEW BUKU DAHLAN JUGA MANUSIA


Di Balik Jiwa Terkenal


Judul buku         : Dahlan juga Manusia
Penulis               : Siti Nasyi’ah
Editor                : Yusak Sunaryanto
Penerbit             : Elex Media Komputindo
Cetakan             : Cetakan Pertama
Tebal halaman    : x + 282 halaman
ISBN                 : 978-602-00-2937-5

Siti Nasyi’ah sebagai penulis dari novel Dahlan juga Manusia merupakan wanita yang begitu lihai menceritakan sisi lain dari salah satu tokoh penting di Indonesia yaitu Dahlan Iskan. Novel-novel lain yang diciptakannya juga selalu penuh ambisi dan keberanian atas fakta-fakta yang ingin dikuaknya.

Kisah ini bermula dari Siti Nasyi’ah yang berlaku sebagai penulis novel ini sekaligus tokoh utama, bekerja di Jawa Pos dengan bosnya adalah Pak Dahlan Iskan. Beliau selalu meneriaki Siti Nasyi’ah atau panggilan akrabnya adalah Ita saat sedang bertugas. Suaranya sampai dijuluki sebagai suara halilintar karena terkesan nyaring dan keras. Banyak cerita lucu yang dialami oleh Ita karena bosnya yang menyuruhnya hal yang tidak wajar seperti disuruh mencari mobil pribadi Pak Bos yang entah diparkir di mana, beliau yang rela menjadi sopir pribadi Ita dengan menggunakan pick up pengangkut sampah, dan banyak lagi cerita unik lainnya.

Pak Dahlan Iskan merupakan sosok yang mendidik para wartawan melalui gayanya sendiri yang terkadang nyeleneh. Tentang karakter beliau yang pemaaf, pekerja keras, berwibawa, disiplin, dan sikap positif lainnya. Pak Bos atau Pak Dahlan Iskan selalu memberikan motivasi yang kuat terhadap anak buahnya. Dengan cerita masa kecilnya yang tidak mudah dilewati, beliau berhasil bangkit dan menjadi sosok yang sukses serta disegani masyarakat Indonesia.

Dari segi kovernya, antara judul dengan ilustrasi sudah tepat karena terdapat foto Pak Dahlan sebagai tokoh yang diceritakan. Dilihat dari segi isi, banyak sekali pengajaran yang dapat dipetik dari cara Pak Dahlan bertindak dalam kesehariannya. Inilah salah satu kelebihan di novel ini. Selain itu, bahasa yang digunakan juga cukup mudah dipahami. Meskipun ada beberapa bahasa daerah, tetapi penulis begitu kreatif dengan memberikan maknanya dalam bahasa Indonesia. Pemberian foto-foto Pak Dahlan pada zaman dahulu juga dapat menjadi nilai tambah yang cukup menarik sebagai kehadirannya menjadi sebuah novel yang utuh.

Seperti kita ketahui bersama, tidak ada yang sempurna di dunia termasuk novel ini yang alurnya tidak tergambar dengan jelas karena pada bagian awal menceritakan masa sekarang dan tiba-tiba saja berpindah ke masa kecil Pak Dahlan Iskan. Hal ini dapat membingungkan para pembaca. 

Terlepas dari segala kelemahannya, novel ini sangatlah layak untuk dibaca. Sebab mengandung pesan moral yang begitu kuat dalam kesederhanaan dan keseharian dari tokoh besar bangsa, Pak Dahlan Iskan. 




Pereview
Dyra Saras, gadis belia yang masih duduk di Sekolah Menengah Pertama. Hobinya membaca, menulis, dan mendengarkan musik. Salam Mimpi!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW NOVEL GUSTIRA

REVIEW NOVEL BUKAN DYLAN

REVIEW NOVEL TINKERBELL