Ciptakan Ratusan Buku karena Internet, Janji Nggak Pengen?


Perkembangan teknologi di Indonesia telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan sosial masyarakatnya. Kita sebagai warga negara Indonesia pernah merasakan masa-masa di mana untuk mengakses internet harus pergi dulu ke warnet (warung internet). Sehari-hari hanya menggunakan ponsel untuk berkirim pesan atau menelepon seseorang. Bahkan ada juga masyarakat yang belum menjangkau teknologi tersebut.

Sekarang, rasanya internet sudah mendarah daging karena menjadi bagian dari hidup manusia yang tak terpisahkan. Apalagi setelah pandemi yang cukup panjang memberikan warna sejarah baru bagi perkembangan internet di Indonesia. Bahkan tidak hanya di Indonesia saja, seluruh dunia juga terkena imbas dari merajalelanya virus Covid-19.

Dikutip dari situs Investor Receh, dapat dilihat bahwa penggunaan internet oleh masyarakat Indonesia terus mengalami peningkatan. Ini menunjukkan bahwa internet semakin terserap sampai ke akar-akar kehidupan. Meskipun masih ditemukan kasus-kasus di mana ada siswa yang harus menempuh jarak berkilo-kilo meter dengan waktu berjam-jam agar bisa mendapatkan akses internet yang menunjukkan persebaran internet di Indonesia belum merata.

 



 

Berdasarkan pengalaman saya yang hidup di daerah bukan perkotaan juga tidak begitu terpencil, perkembangan internet berlangsung begitu pesat. Dulu, saya tidak mengetahui bahwa internet menyediakan segala macam informasi, sumber belajar, dan pembaruan-pembaruan yang lain. Namun seiring berjalannya waktu, internet ternyata menyediakan banyak sekali hal baru. Melalui internet saya bisa belajar tanpa terbatas pada buku pelajaran.

Saya benar-benar ingin memaksimalkan kemudahan yang telah menjangkau kehidupan saya. Bersyukur sekali daerah saya sudah melek internet karena di luar sana saya melihat daerah-daerah terpencil yang jauh dari jangkauan internet sehingga akses terhadap informasi terkini pun kurang memadai. Saya kira segala sesuatu di dunia ini patut untuk disyukuri terlepas dari ada tidaknya internet. Namun tetap upaya kita sebagai manusia yang hidup dalam kedinamisan, selalu berusaha untuk mencapai kebaruan demi kehidupan yang lebih baik.

Internet membawa kisah-kisah yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Dimulai dari ketika saya duduk di bangku SMP, saya memiliki ponsel sendiri. Saya berpikir bagaimana caranya saya bisa menghasilkan suatu karya lewat ponsel saya agar ponsel ini tidak hanya digunakan sebagai hiburan kala jenuh, tetapi membawa kebermanfaatan bagi saya dan orang lain.

Akhirnya mukjizat itu datang lewat suatu peristiwa di sekolah saya. Jadi, saya waktu itu tidak memiliki kegiatan ekstrakurikuler sebagai wujud pengembangan diri saya di sekolah. Kemudian sekolah saya mengadakan suatu seminar kepenulisan. Sebenarnya saya mengikuti kegiatan tersebut hanya supaya saya memiliki kegiatan agar belajar di sekolah tidak terbatas pada mata pelajaran saja. Dan kepenulisan itulah yang membawa saya pada kecintaan untuk menulis.

Saya mulai mencari informasi lomba kepenulisan mulai dari cerita pendek, puisi, novel, dan lain sebagainya. Saya mencoba mengikuti lomba-lomba tersebut untuk mengasah kemampuan saya. Dan saya bersyukur karena saya bisa menerbitkan buku-buku baik solo maupun antologi serta mendapatkan beberapa kejuaraan dari lomba-lomba yang saya ikuti tersebut.

 



 

Nah, foto di atas adalah salah satu dokumentasi dalam partisipasi saya pada ajang SMA Awards 2021. Di sana saya menampilkan beberapa buku karya saya, motivasi dalam penulisannya, dan ajakan untuk membaca karena membaca adalah napas kehidupan.

Ratusan buku karya saya telah memenuhi rak buku di rumah saya. Ini semua tidak lain adalah peran serta internet dalam membawa kehidupan ke taraf yang lebih baik. Hampir semua lomba yang saya ikuti, saya ketahui melalui internet.

Internet ibarat transportasi yang saya gunakan untuk menjelajahi sumber-sumber prestasi yang tak kenal ruang dan waktu. Kapan saja saya bisa menyelami dunia internet untuk mengembangkan potensi saya dalam segala bidang. Apalagi di tengah digitalisasi, setiap manusia dituntut untuk bisa memiliki beragam kemampuan agar dapat beradaptasi dan mengikuti arus perubahan yang tetap berpegang teguh pada nilai-nilai kebaikan. Sekarang ada Indihome dan Telkom Indonesia yang merupakan wadah internet dan menyediakan berbagai fasilitas perinternetan. Memiliki julukan Internetnya Indonesia dan selalu berusaha untuk mengembangkan kualitas internet sehingga internet dapat mencapai manfaat tertingginya.

Baru-baru ini saya mencoba bidang baru yaitu dunia seminar/webinar online dengan berbagai macam topik di dalamnya. Saya ingin menambah khazanah pengetahuan baru melalui narasumber-narasumber hebat. Apalagi seminar/webinar di zaman sekarang tidak perlu datang ke tempat penyelenggaranya. Cukup duduk manis di depan laptop atau ponsel, catat informasi penting, serap sebanyak-banyaknya pengetahuan, dan kita telah satu langkah lebih maju untuk memaksimalkan potensi diri.

Dari sini didapatkan kesimpulan bahwa internet membawa perubahan yang baik bagi manusia yang sadar akan pentingnya memanfaatkan sebaik-baiknya kemudahan yang telah sampai pada kita. Tak sedikit pula internet membawa pada keburukan yang bahkan menimbulkan kematian. Namun, saya berharap kita semua tetap berada di dalam perlindungan Tuhan dan berjalan dalam cahaya terang agar kehidupan yang kita arungi dengan sangat singkat ini membawa keberkahan luar biasa. Semoga manfaat internet selalu memberikan kedamaian untuk kita. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW NOVEL GUSTIRA

REVIEW NOVEL BUKAN DYLAN

REVIEW NOVEL TINKERBELL